| | | | | | | | |
| | | | | | | |
 
Hadiri Panen Raya

Mentan Beri Bantuan Traktor dan Pompa Air Untuk Pemkab Pelalawan


Yarisman Z | Pelalawan
Kamis, 08/06/2017 - 07:25:25 WIB
Sigapnews.co.id | Pelalawan - Menteri Pertanian  Republik Indonesia (Mentan RI), Amran Sulaiman, melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Pelalawan dalam rangka panen raya di persawahan di desa Sei Upih, kecamatan Kuala Kampar, Jumat (17/02/2017).

Dengan kehadiran Mentan RI tersebut, membuat Para petani didaerah lumbung beras di Desa Upih, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan sangat gembira dan bernafas lega. Pasalnya bantuan Handtraktor dari sang Menteri sangat berguna utnuk meningkatkan produktifitas padi sawah mereka kedepannya suda terealisasi sesuai janji.

Pada kunjungan kerja tersebut, tampak Mentan didampingi Panglima Kodam I/BB Mayjend Lodewick Pusung, Danrem 031/Pekanbaru, Gubernur Riau, Kapolda Riau, Bupati Pelalawan, Dandim Kampar/pelalawan, dan kapolres Pelalawan  

Gubri dalam sambutan singkatnya mengaku sangat mengapresiasi kedatangan Mentan RI ke Riau khususnya ke kabupaten Pelalawan."Kami di Riau sangat mendukung Program Presiden dan program mentan RI untuk menciptakan swasembada beras untuk mengatasi kebutuhan pangan di Negara ini. Untuk itu, Saya meminta kepada bapak Mentan Amran Sulaiman supaya terus berkunjung ke daerah  kami ini," ujar Gubri Arsyadjuliandi Rahman.

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman, Pangdam I/BB Mayjend Lodewick Pusung, Bupati Pelalawan HM Harris, Danrem 031/WB Brigjend Nurendi, Kapolda Riau Irjend Pol Zulkarnain, Dandim 0313/KPR Letkol Kav Yudi, Kapolres Pelalawan, AKBP Ari Wibowo, Wakil Ketua DPRD Pelalawan Supriyanto, anggota DPRD Rinto, Said Mashudi dan juga anggota DPRD Riau Sawitri, Menejer Humas PT RAPP Wan Jack.

Kemudian Gubri mengharapkan akan terus minta bantuan Mentan Amran Sulaiman dalam meningkatkan produktifitas pangan di provinsi Riau kedepannya. Pemerintah Provinsi Riau bersama pemerintah kabupaten Kota di Riau sangat mendukung Program swasembada beras dilakukan Presiden Ri bersama Mentan di Riau.

"Sebagai bentuk dukungan kami di Riau pada program peningkatan produtivitas hasil pertanian di Riau, kami akan bekerja keras untuk mewujudkan pencapaian terciptanya swasembada beras hingga mampu mengekspor beras petani di Riau untuk dipasarkan ke negara Jiran, Malaysia, Singapura,dan Thailand,"ujar Andi Rahman.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dalam sambutan singkatnya meminta kepada Gubernur Riau untuk memperluas lahan persawahan menjadi 50.000 hektar supaya Riau mampu menyiapkan komoditas ekspor beras nantinya.

"Saya sekarang sudah beranikan diri membuat kebijakan dengan tidak ada lagi impor pangan dari Negara tetangga. Karena kondisi luas lahan pertanian di Pelalawan dengan hasil dari sektor padi persawahan di Kuala Kampar ini telah membuktikan bahwa kita mampu swasembada beras hingga mampu ekspor beras. Kita punya pangsa pasar dan tinggal kita bersama para petani untuk menunjukan semangat kerja, kerja, kerja,biar terwujud nantinya,"tutur mentan RI  Amran Sulaiman.

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, Pangdam I/BB Mayjend Lodewick Pusung, Bupati Pelalawan HM Harris, Danrem 031/WB Brigjend Nurendi, saat melihat kondisi sawah.
 
Bahkan disela-sela sambuatanya sebelum bertolak ke kawasan teknopolitan di Langgam, Mentan Amran Sulaiman menyempatkan diri berinteraksi langsung dengan para petani Kecamatan Kuala Kampar dengan berikan  kesempatan untuk mendengar berbagai keluhan para petani dalam mengarap lahan persawahannya. pada saat mendengarkan keluhan para petani itu, Mentan langsung nyatakan akan memberikan bantuan sebanyak 10 traktor dan 5 pompa air pada para petani saat itu.

"Saya akan bantu 10 mesin traktor besar yang harganya satu unit handtraktor senilai Rp 400 juta ditambah bantuan  5 pompa air. Saya akan upayakan merealisasikan secepatnya semua bantuan dalam 2 minggu semua bantuan tersebut sudah tiba dan sudah diserahkan di Pelalawan," janji Amran Sulaiman.

Sementara itu, Bupati Pelalawan, HM Harris mengaku bahwa dirinya mengundang Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, untuk menggelar panen raya padi di lahan persawahan sekitar 2900 Ha dari luas keseluruhan 7600 Ha di Desa Sei Upih, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan untuk meyakinkan pemerintah pusat terhadap daerah Pelalawan yang memiliki potensi yangg cukup bagus di sektor pertanian.


"Kita sangat senang dengan kunjungan Mentan ke daerah kita, dimana ini adalah hasil daripada upaya yang kita lakukan agar beliau bisa berkunjung kesini, dan kita ingin meyakinkan pemerintah pusat bahwa daerah Pelalawan mempunyai potensi yang baik di bidang peetanian." Ujar HM Harris kepada para awak media saat konferensi pers usai terima kunjungan Mentan RI di Kuala Kampar.

"Sebenarnya, dulunya di Kabupaten Pelalawan khususnya Kuala Kampar ini terlihat sebagai daerah yang sama sekali tidak mengenal lumbung beras, bahkan  kabupaten Pelalawan tergolong sebagai daerah miskin atau tertinggal. Namun  semenjak dimekarkan terpisah dari Kabupaten Kampar, Kabupaten pelalawan di sektor pertanian yang ada di Kecamatan Kuala Kampar ini hanya terkenal Kelapa kopra,"jelas HM Harris

Namun dengan perkembangan begitu pesat, sebut HM Harris,sehingga kini Pelalawan sudah  bisa membuktikan bahwa dengan kemauan dan kerja keras, didaerah ini bisa meningkatkan kualitas perekonomian dan meningkat pesatnya produktivitas hasil pertanian masyarakat petani di Pelalawan khususnya di Kuala Kampar.

"Untuk bisa menggarap semua lahan pertanian,  Kita tidak punya anggaran dana untuk infrastruktur seperti pembelian traktor. Namun harus ada solusi, jadi bagaimanapun caranya saya harus memutar otak dengan mengajak Mentan berkunjung ke Kuala Kampar. Berbagai upaya saya lakukan demi meyakinkan Mentan agar datang ke Kuala Kampar ini. Kalau Mentan datang melihat hasil kerja keras kita, tentu apa yang menjadi kendala di sektor persawahan ini akan diberikannya jalan keluar seperti Mentan sudah bantu 10 unit traktor dan 5 pompa air," pungkas Bupati pelalawan dengan nada gembira.
 
Kabupaten Pelalawan telah menjadi daerah lumbung beras bagi Provinsi Riau dan Negara tetangga. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya panen raya padi, seluas 2900 Ha dari 7400 Ha luas lahan pertanian di didaerah Sei Upih, Kecamatan Kuala Kampar, Jumat (17/02/2017).

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman melakukan panen raya sekaligus menyerahkan bantuan 10 unit traktor pengolah lahan, 5 unit pompa air skala besar, serta 5 unit Hand Traktor (traktor tangan). 

Terlihat hadir pada saat panen raya diantaranya, Pangdam I/BB Mayjend Lodewick Pusung, Bupati Pelalawan HM Harris, Danrem 031/WB Brigjend Nurendi, Kapolda Riau Irjend Pol Zulkarnain, Dandim 0313/KPR Letkol Kav Yudi, Kapolres Pelalawan, AKBP Ari Wibowo, Wakil Ketua DPRD Pelalawan Supriyanto, anggota DPRD Rinto, Said Mashudi dan juga anggota DPRD Riau Sawitri, Menejer Humas PT RAPP Wan Jack serta seluruh lurah dan Kades se-Kecamatan Kuala Kampar dan tidak ketinggalan para petani juga masyarakat setempat. (Adertorial/Yarisman, Z)





Berita Lainnya :
 
  • Direktur Ekstensifikasi Ditjen Pajak Angin Prayitno Aji di Cegah KPK Keluar Negeri
  • Imbas Kasus Suap Pajak Dicegah ke Luar Negeri Enam Orang
  • Oknum-oknum Mantan Dewan dan Pejabat Pekanbaru Masih Kuasai Mobdin
  • Audy Joinaldy Minta Dekranasda Sumbar Perkuat Industri Kerajinan Bernilai Seni dan Budaya Tinggi
  • DPRD Kota Padang Gelar Paripurna Bahas Pemberhentian dan Pengangkatan Wali Kota Padang
  • Perkiraan OPEC: Minyak Naik Didorong Perpanjang Pengurangan Produksi
  • Banyaknya Kebun Kelapa Petani Inhil Masuk Wilayah Hutan, Begini Penjelasan Disbun
  • Wujudkan Pendidikan Berlalu Lintas, Polda Sumbar MoU dengan Disdik dan Kanwil Kemenag Sumbar
  • Ketua HMI Badko Riau Kepri Apresiasi Presiden Cabut Perpres investasi miras di lndonesia
  •  
     
     
     
     
     
     
    Polri dan Mitra Litas Daerah  
    -Mitra Polri   Provinsi Riau Utama
    -Polda Riau -Polresta Pekanbaru -Polres Inhil -Kota Pekanbaru -Kab. Inhil -Nasional -Pendidikan
      -Polres Dumai -Polres Rohul -Kota Dumai -Kab. Rohul -Politik -Hiburan
      -Polres Kampar -Polres Rohil -Kab. Kampar -Kab. Rohil -Ekonomi -Pertanian
      -Polres Bengkalis -Polres Kuansing -Kab. Bengkalis -Kab. Kuansing -Hukrim -Advertorial
      -Polres Pelalawan -Polres Siak -Kab. Pelalawan -Kab. Siak -Sosial -Lensa Foto
      -Polres Inhu -Polres Meranti -Kab. Inhu -Kab. Meranti -Budaya -Foto
    About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
    Copyright © 2015-2017 PT. MEDIA SIGAP INDONESIA, All Rights Reserved