| | | | | | | | |
| | | | | | | |
 
Sampah Kota Pekanbaru

Polda Riau Periksa 13 Saksi Untuk Selidiki Masalah Sampah Pekanbaru


Sigapnews.co.id | Pekanbaru
Jumat, 15/01/2021 - 15:24:33 WIB
SIGAPNEWS.CO.ID, PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau kini sedang melakukan penyelidikan atas masalah sampah di Pekanbaru.

Sejak awal Januari 2021 lalu, terjadi masalah sampah menumpuk di Kota Pekanbaru. Hal ini merupakan dampak dari tidak diperpanjangnya kontrak Tenaga Harian Lepas (THL) di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

Tepat  Jumat (15/1/2021), personel TNI dan Polri di Riau, membantu membersihkan sampah yang masih menumpuk di beberapa titik di Kota Pekanbaru. Diantaranya tumpukan sampah yang ada di ruas jalan Cempaka.

"Kita membantu Pemko Pekanbaru untuk membersihkan sampah yang menumpuk. Pagi ini kami bersama Bapak Kapolda dan Ketua DPRD Riau melakukan kegiatan ini," kata Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed.

Sementara itu, Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi memaparkan, pada dasarnya TNI dan Polri selalu siap membantu rakyat.

"Hari ini kami menyelesaikan satu masalah dari masyarakat di mana sampah yang tidak terangkut," ucapnya.

"Namun demikian terkait dengan hal ini kami dari Polda (Riau), sebagaimana tugas yamg diamanahkan ke kita. Kami akan menelusuri kenapa sampah-sampah ini tidak terangkut," sambung dia.

Jenderal bintang dua itu menegaskan, pihaknya kini sedang melakukan penyelidikan atas masalah tersebut.

"Kita sudah memeriksa 13 saksi. Baik masyarakat maupun ahli di bidang lingkungan dan pidana terkait hal ini," paparnya.

Ia juga mengungkapkan, ada beberapa pendapat yang saat ini sedang didalami. Hal ini akan menjadi bahan analisa dalam proses penyelidikan.

"Untuk meminta pertanggungjawaban terhadap pihak-pihak yang memang bertanggungjawab akan hal ini. Kita harapkan proses penyelidikan bisa berjalan baik. Klarifikasi sedang berjalan, kita harapkan masalah sampah kota Pekanbaru bisa diselesaikan dengan baik," pungkasnya.

Jadi  Perhatian Aparat

Tumpukan sampah plastik dan rumah tangga menjadi perhatian aparat TNI dan kepolisian di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Ratusan petugas gabungan membersihkan sampah yang menumpuk di sejumlah pasar Kota Pekanbaru, Jumat (8/1/2021).

Komandan Korem (Danrem) 031/Wira Bima Pekanbaru Brigjen TNI, M Syech Ismed mengatakan, sebanyak 250 personel gabungan dari TNI dan Polri yang dikerahkan untuk membersihkan sampah tersebut.

Petugas gabungan itu, dari Korem 031/Wira Bima, Kodim 0301/Pekanbaru, Batalyon Arhanud 13/PBY, Lanud Roesmin Nurjadin, Brimob Polda Riau dan Polresta Pekanbaru.

"Kami membersihkan sampah di Pasar  Agus Salim, Pasar Kodim, Pasar Sail dan Pasar Bawah," kata Syech Ismed dikutip dari Kompas.com, Sabtu (9/1/2021)

Jenderal bintang satu ini memimpin langsung pemungutan sampah pasar tersebut. Kegiatan itu dilaksanakan dalam program Jumat Bersih.

Sampah yang dikumpulkan dari pasar tersebut, kata Syech Ismed, langsung dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Muara Fajar, Rumbai, Pekanbaru.

Permasalahan sampah di Pekanbaru, Syech Ismed mengatakan, merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, pihaknya bersama tim gabungan lainnya ikut turun menuntaskan permasalahan sampai ini agar bisa segera dituntaskan.

"Kita ikut bertanggung jawab mewujudkan Kota Pekanbaru yang bersih dan asri. Untuk itu, kita ikut turun membersihkan tumpukan sampah yang terjadi saat ini," kata Syech Ismed.

Ia mengharapkan, hal ini dapat memberikan contoh baik kepada masyarakat serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk terus menjaga kebersihan kota dari masalah sampah. Terutama di lingkungan masing-masing.

"Kegiatan ini akan terus kita lakukan secara berkelanjutan. Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan tulus dan ikhlas, sehingga dapat tercapai target yang diinginkan," tambah Syech Ismed.

Sebagaimana diberitakan, sudah sepekan sampah menumpuk di Kota Pekanbaru, Riau, karena tidak diangkut. Kondisi ini menjadi keluhan warga, sebab mengeluarkan bau busuk menyeruak.

Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kota Pekanbaru, Agus Pramono memberikan penjelasan penyebab menumpuknya sampah tersebut.

"Sejak tanggal 31 Desember 2020, PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah telah berakhir kontraknya pengangkutan sampah dengan Pemerintah Kota Pekanbaru," kata Agus dikutip  dari Kompas.com melalui pesan WhatsApps, Jumat (8/1/2021).

Ia menjelaskan, saat ini proses lelang pengangkutan sampah sedang berlangsung pada sistem Layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kota Pekanbaru. Sementara untuk pengangkutan sampah mulai 1 januari 2021 di lakukan secara swakelola oleh DLHK.

"Pengangkutan di jalan-jalan, terutama di jalan protokol dan tempat-tempat badan usaha dilakukan oleh DLHK," kata Agus. 

Lalu, sampah di lingkungan masyarakat, sesuai rapat dengan Forum komunikasi RT dan RW, dilakukan oleh warga secara mandiri.

Agus juga mengatakan, pengangkutan sampah pada prinsipnya DLHK bertanggung jawab untuk mengangkutnya di seluruh wilayah Pekanbaru. Namun, dengan keterbatasan kendaraan angkutan atau armada sehingga mengalami keterlambatan.

"Sehubungan dengan pemenang lelang belum ada dan banyaknya tumpukan sampah, saya selaku Kadis LHK mohon maaf atas ketidaknyamanan kondisi tersebut," ucap Agus.

Ia meminta pengertian dan kerja samanya kepada seluruh masyarakat melalui ketua RT dan RW, agar secara mandiri mengangkut sampahnya ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. "Mudah-mudahan bulan Januari ini sudah ada pemenang lelang pengangkutan sampah," harap Agus.(*)

Liputan: Brian.
Editor   : Robinsar Siburian.





Berita Lainnya :
 
  • Presiden Jokowi Sampaikan Alasan Awak Media Diberi Vaksin Covid-19 Karena Termasuk Pelayan Publik
  • Polres Bukittinggi Gelar Sosialisasi Quotioner Puslitbang Kinerja Polri, Undang Ormas Binaan
  • Hadapi Pandemi Covid-19, Senkom Bukittinggi Gelar Acara Penguatan Rohani dan Mental Anggota
  • Krimsus Polda Riau dan BI Gelar Pelatihan Tindak Pidana Terhadap Uang Rupiah
  • Polda Riau Gandeng PT RAPP Latih Personil Atasi Karhutla, Hanya Butuh 30 Menit Padamkan 1 Ha Lahan
  • Bupati H.M.Harris Resmikan Gedung PTSP Kejari Pelalawan Demi pelayanan Prima masyarakat
  • Ipda Dymas Kapolsek Muda di Polres Pelalawan Terkenal Sosok Tak Kenal Lelah Lawan Karhutla
  • Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Biro SDM Polda Riau Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi
  • Pererat Kerjasama, Senkom Sosialisasikan Kluster Bela Negara Dihadapan Kepala Kesbangpol Sumbar
  •  
     
     
     
     
     
     
    Polri dan Mitra Litas Daerah  
    -Mitra Polri   Provinsi Riau Utama
    -Polda Riau -Polresta Pekanbaru -Polres Inhil -Kota Pekanbaru -Kab. Inhil -Nasional -Pendidikan
      -Polres Dumai -Polres Rohul -Kota Dumai -Kab. Rohul -Politik -Hiburan
      -Polres Kampar -Polres Rohil -Kab. Kampar -Kab. Rohil -Ekonomi -Pertanian
      -Polres Bengkalis -Polres Kuansing -Kab. Bengkalis -Kab. Kuansing -Hukrim -Advertorial
      -Polres Pelalawan -Polres Siak -Kab. Pelalawan -Kab. Siak -Sosial -Lensa Foto
      -Polres Inhu -Polres Meranti -Kab. Inhu -Kab. Meranti -Budaya -Foto
    About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
    Copyright © 2015-2017 PT. MEDIA SIGAP INDONESIA, All Rights Reserved